:: AYAT - AYAT ALLAH



بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Walaupun manusia hidup dalam kegelapan hati, tetapi Allâh Subhana wa Ta'ala Yang Maha Adil, selalu memanggil manusia untuk kembali kepada-Nya dengan ayat-ayat-Nya.
Ayat-ayat Allâh umumnya terbagi atas dua jenis, yaitu Ayat-ayat Qauliyah (firman-firman-Nya) dan Ayat-ayat Kauniyah (ciptaan-ciptaan-Nya), yang semua bertujuan agar manusia kembali (bertaubat) kepada Allâh.

... al-Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil) ... (QS. Al Baqarah [2]:185)

... dan Kami telah mendatangkan tanda-tanda kebesaran Kami berulang-ulang supaya mereka kembali (bertaubat). (QS. Al Ahqaf [46]:27)

Ayat-ayat Kauniyah ini melingkupi seluruh alam semesta. Bahkan segala hal dalam kehidupan kita, apakah masalah-masalah kehidupan yang sering kita bahasakan sebagai bencana atau musibah, ataupun segala bentuk kesenangan. Semuanya merupakan bagian dari ayat-ayat Kauniyah ini.
Allâh memberikan ini dengan adil kepada siapapun. Tidak memandang apakah mereka memeluk agama Islam atau tidak, apakah mereka mempercayai-Nya atau tidak. Hal ini berkali-kali Allâh hadapkan kepada kita, namun karena terlampau mencintai kehidupan duniawi sehingga tetap saja kita berpaling dari ayat-ayat itu.

Katakanlah: "Terangkanlah kepadaku jika Allâh mencabut pendengaran dan penglihatan serta menutup hatimu, siapakah ilah selain Allâh yang kuasa mengembalikannya kepadamu" Perhatikanlah, bagaimana Kami berkali-kali memperlihatkan tanda-tanda kebesaran (Kami), kemudian mereka tetap berpaling (juga). (QS. Al An’aam [6]:46)

Dan banyak sekali tanda-tanda (kekuasaan Allâh) di langit dan di bumi yang mereka melaluinya, sedang mereka berpaling daripadanya. (QS. Yusuf [12]:105)

Dengan ayat-ayat Allâh itu, ada orang yang sadar, kemudian ingin kembali (taubat) kepada Allâh. Namun kebanyakan manusia mengabaikannya. orang-orang yang tidak mau bertaubat inilah orang-orang yang zalim yang sesat, dan lambat laun masuk ke dalam golongan yang dimurkai Allâh SWT.


PETUNJUK LANGSUNG KE HATI

Apabila seseorang dianugerahkan oleh Allâh SWT cahaya iman ke hatinya, maka hatinya akan dapat menerima petunjuk langsung dari Allâh SWT. Petunjuk ini berlaku individual, langsung ke hatinya. Untuk menuntun seorang manusia kepada jalan yang lurus

… Dan barang siapa yang beriman kepada Allâh, niscaya Dia akan memberi petunjuk langsung kepada hatinya. (QS. At Taghaabun [64]:11).

Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal shaleh, mereka diberi petunjuk oleh Rabb mereka karena keimanannya, … (QS. Yunus [10]:9).

Dari Ummu Salamah r.ha, Rasulullah saw bersabda: “Apabila dikehendaki oleh Allâh kebajikan pada seorang hamba, niscaya dijadikan-Nya orang itu memperoleh pelajaran dari hatinya.” (HR. Abu Manshur Ad-Dailamy)


Semoga Allah semakin membukakan mata hati kita , menjauhkan kita dari segala sebab keburukan iman, dan memasukkan kita ke dalam golongan hamba-hamba Nya yang beruntung. Aamiin.


Wallahu a'lam bishawab
Barakallahufikum ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar