:: LUASNYA KESEMPATAN MERAIH KARUNIA ALLAH DI BULAN RAMADHAN





Bismillahirrahmannirahim,


• SHOLAT TARAWIH DI SEPERTIGA MALAM TERAKHIR

Bila kita lihat fenomena Tarawih di Masjid-Masjid dan Musholla di lingkungan kita, Semarak di awal ramadhan dan akhir bulan terlihat sepi. Menghadap Sang Maha Pengampun terasa kurang ni'mat (cepat-cepat) seperti kita lomba lari siapa duluan dialah pemenangnya. Padahal Nabi dan para Sahabatnya melakukannya di sepertiga malam terakhir dengan kualitas yang maksimal.

Mengapa tidak kita coba lakukan saja di Rumah bersama Istri, anak, saudara dan Pembantu kita sebagai sarana Konsolidasi Spiritual agar Rumah Tangga kita semakin Kokoh di salah satu ruangan yang kita desain sebagai Masjid. Atau mengajak Ta’mir masjid terdekat untuk mengadakan Sholat Tarawih di tengah malam, kalaupun tidak memungkinkan carilah Masjid yang Sholat Tarawihnya tertata dengan baik, tertib dan tenang.


• TADARUS AL-QUR'AN


• I'TIKAF 10 MALAM TERAKHIR

Sahabat , apa yang terfikir oleh kita ketika hari telah mendekati HARI RAYA ? Belanja kah .. atau mudik kah .. , padahal saat-saat itulah KETENTUAN SUKSES RAMADHAN akan kita dapatkan dan PUNCAK PENGHARGAAN DIBERIKAN berupa LAILATUL QODAR. Baiknya Kita ajak keluarga kita ke Masjid . atau kita ajak beribadah bersama menghidupkan malam dirumah bersama.


• UMROH AKHIR RAMADHAN,
Kelezatan beribadah sangatlah tidak tergantikan dengan uang. Bagi mereka yang berkecukupan, Manfaatkanlah kesempatan yang indah ini bersama Allah. Alangkah sayangnya bila kesempatan untuk beribadah di rumah Allah terlewatkan.


• PROYEK AMAL SHALEH

Sahabat, ada beberapa Amal Shaleh yang kalau kita lakukan di Bulan Ramadhan, kita akan memperoleh Balasan yang sangat Luar Biasa . inilah amal-amal Shaleh tersebut :

• MEMBERIKAN TA'JIL ( Buka Puasa ) setiap hari walau hanya untuk satu orang, dalam sebuah Hadits dinyatakan bahwa Barangsiapa diantara kita memberi makanan untuk berbuka Puasa kepada orang lain maka kita akan mendapatkan Pahala Puasa orang tersebut tanpa dikurangi sedikitpun.


• MEMBERIKAN WAKAF ALAT SHOLAT, AL QUR'AN DAN SARANA IBADAH /SOSIAL LAINNYA

Coba Anda bayangkan jika Alat-Alat Sholat yang kita berikan itu dipakai Ibadah selama Bulan Ramadhan, maka kita akan kebagian Pahala Ibadah orang tersebut selama Bulan Ramadhan dan Bulan-Bulan berikutnya setiap mereka mengenakan Alat Sholat yang kita berikan, Dalam sebuah Hadits dinyatakan bahwa Ibadah seseorang di Bulan Ramadahan dilipatgandakan hingga 10 kali lipat dibanding ibadah di Bulan yang lain. Lakukan mulai sekarang untuk satu atau beberapa orang sesuai kemampuan

• MEMBERIKAN WAKAF AL-QUR'AN, amalan utama yang paling banyak diminati kaum Muslimin pada bulan Ramadhan adalah Membaca dan Mengkaji Al-Qur'an, Pahala orang baca satu huruf adalah 10 kebajikan kalau orang tersebut membaca 1 halaman saja itu kurang lebih 1000 huruf x 10 kebajikan x lipat ganda 10 di Bulan Ramadhan = 100.000 kebajikan, Bayangkan berapa besarnya kebajikan jika dalam Ramadhan orang tersebut Tamat membacanya, dan bayangkan bagaimana kalau Al-Qur'an yang dibaca tersebut adalah Wakaf dari Kita, maka kitapun ikut mendapatkan kebajikan sebesar Pembaca Al-Qur'an tersebut.


• MENUNAIKAN ZAKAT FITRAH, ZAKAT HARTA , ZAKAT PROFESI,


• MEMBIASAKAN SEDEKAH/INFAQ HARIAN,

Terkadang Kita sering kali mau bersedekah menunggu nanti kalau sudah punya harta yang banyak, rasanya kurang enak kalau cuma sedikit, bagaimana kalau kebanyakan orang berpendirian seperti itu, mungkinkah kita akan mengatakan kepada anak-anak kita, " sekolah nanti saja ya kalau kita sudah banyak uang ? "

Marilah kita biasakan setiap kebaikan dimulai dengan yang mudah namun istiqomah.


Semoga bermanfaat ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar