:: MAKNA IBADAH QURBAN


_______________

Rasulullah SAW begitu menekankan akan pentingnya berqurban , seperti dalam sabdanya :
"Barangsiapa yang memiliki kelapangan keuangan, lalu ia tidak berkurban, maka janganlah ia datang ke tempat shalat kami " (HR Ahmad)

Beberapa hikmah berkurban antara lain :

1. Untuk mendekatkan diri kepada Allah, karena untuk mau berqurban, seorang muslim harus melakukan mujahadah (berjuang keras) terutama dlm melawan hawa nafsunya. Apabila telah tertanam sifat ini pada diri seseorang, ia akan rela berqurban utk mengharap Ridha NYA

Kemauan utk berkurban terkait dgn ketakwaan seseorang. Dan takwa ini pula yg dinilai Allah dalam berkurban :

"Daging-daing unta & darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya (QS Al Hajj (22) : 37)"

2. Sebagai wujud syukur atas nikmat-nikmat Allah.

"Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yg banyak. Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu dan berkorbanlah ( QS Al Kautsar (108) : 1-2)

3. Membantu sesama Muslim yg kurang mampu, & menanamkan rasa cinta kasih persaudaraan.

4. Kurban yg dilakukan dengan menumpahkan darah hewan adalah simbol agar orang berkurban menanggalkan "sifat-sifat kebinatangan" yang melekat pada dirinya. diantaranya : sifat egois, licik, kejam , suka menindas dan penuh tipu daya, dan hendaknya seorang Muslim agar menanggalkan "penghambaan kepada sesama makhluk".
Aisyah meriwayatkan, bahwa Nabi صلى الله عليه وسلم bersabda:

“Tidak ada amal yang dilakukan oleh anak Adam pada hari nahr yang lebih dicintai Allah, selain mengalirkan darah (menyembelih haiwan). Dan haiwan yang disembelih itu kelak di hari kiamat akan datang (menemui orang yang korban) lengkap dengan tanduk, kuku dan sepatu kakinya. Dan sesungguhnya darah akan diterima Allah sebelum darah itu jatuh ke tanah. Kerana itu lakukanlah korban itu dengan seikhlas mungkin. (Hadis Riwayat Tirmidzi)
Nabi Daud a.s berkata, "Ya Rabb, sebesar apakah pahala orang-orang yang berqurban bagi umatnya nabi Muhammad SAW?"

Jawab Allah Ta'ala, "Aku memberi pahala kepada mereka, setiap helai bulu dari badannya menjadi 10 kebaikan, dan kuhapus 10 keburukan (jiwanya), serta kunaikkan derajatnya 10 tingkat. Baginya setiap rambut sebuah gedung di surga, seorang putri pelayan dari bidadari yang molek, dan kendaraan yang bersayap berkecepatan tinggi sekali melesat sejauh pandangan mata, itu adalah kendaraan ahli surga, mengangkasa dengan kendaraan itu sesukanya."

Allah Ta'ala melanjutkan penjelasannya, "Perlu kau ketahui hai Daud, bahwa hewan qurban itu menjadi kendaraan, dan sebagai perlindungan dari bahaya di hari Kiamat kelak." (Zahratur Riyadl)  -  Sumber Kitab Duratun Nasihin


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar