::: HADIST -HADIST KEUTAMAAN SALAM :::


Allah Ta'ala berfirman :

Apabila kamu diberi penghormatan dengan suatu penghormatan, maka balaslah pengormatan itu dengan lebih baik daripadanya. Atau balaslah penghormatan itu (dengan yg serupa). Sesungguhnya Allah selalu membuat perhitungan atas segala sesuatu ( QS An Nisaa' : 86)


Salam penghormatan kepada mereka (orang2 mukmin itu) pada hari mereka menemui Nya ialah : " Salam sejahtera dari segala bencana " , dan Dia menyediakan pahala yang mulia bagi mereka ( QS Ahzaab : 44)



Ucapan salam sudah ada sebelum Nabi Adam as diturunkan ke dunia
-----------------------------------------------------------------------
Dari Abu Hurairah ra , Rasulullah SAW bersabda : Allah telah menciptakan Nabi Adam as dengan bentuk yang panjang (tingginya) nya 60 dziro (+/- 30 m). Tatkala Nabi Adam as sudah tercipta, Allah berfirman :

"Pergilah dan berilah ucapan salam kepada para malaikat yang duduk , dan perhatikan penghormatan apa yang mereka berikan kepadamu. Karena itu merupakan penghormatan kepadamu dan kepada anak cucumu (kelak).

Lalu Nabi Adam as mengucapkan : "Assalamualaikum". dan para malaikat pun menjawab : "Assalamu'alaika wa rahmatullah". Kata warahmatullah yg ditambahkan para malaikat berarti : "Semoga Allah memberi rahmat kepadamu" (Muttafaqun 'Alaih)



Dari Ibnu Mas'ud ra, Rasulullah SAW bersabda :
"As Salam termasuk salah satu asma Allah Ta'ala yang diletakkan Allah dibumi, maka sebarkanlah. "Karena apabila orang muslim melewati sekelompok orang, lalu ia memberi salam kepada mereka, maka ia memiliki kelebihan satu derajat diatas mereka dengan mengingatkan salam kepada mereka. Jika mereka tidak menjawabnya, maka ia dijawab oleh yang lebih baik dari mereka (yakni para malaikat) (HR Al Bazzar dan Baihaqi)



Dari Abdullah bin Salam ra, Rasullah SAW berkata :
"Wahai sekalian manusia, sebarkanlah salam, berikanlah makan, sambunglah tali silaturahmi, dan shalatlah ketika orang-orang sedang tertidur nyenyak, niscaya kalian akan masuk surga dengan damai " (HR Tirmidzi)


Semakin lengkap (sempurna) ucapan salam , semakin baik (besar pahalanya)
---------------------------------------------------------------------

Imran bin Hushain ra mengisahkan, ada seorang lelaki datang kepada Rasulullah SAW dengan mengucapkan " Assalamualaikum" Setelah itu beliau berkata : " Sepuluh"

Kemudian ada yang datang lagi lainnya mengucapkan : " Assalamualaikum warahmatullahi " . Dan beliau berkata : " Dua puluh"

Selang beberapa waktu kemudian ada yang datang lagi dengan mengucapkan : " Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh".
Dan Rasulullah berkata : " Tiga puluh" ( HR Daud dan Tirmidzi)


Orang yang sebaiknya mendahului memberikan salam
---------------------------------------------------------------

Abu Hurairah ra mengatakan , Rasulullah SAW bersabda :
" Orang yang naik kendaraan memberikan salam kepada orang yang berjalan kaki, sedangkan orang yang berjalan memberikan salam kepada orang yang duduk , dan yang sedikit jumlahnya memberikan salam kepada yang lebih banyak" ( Muttafaqun 'Alaih)



Wallahu a'lam
Barakallahufikum ....
--------------------------

3 komentar: