::: BANYAKNYA JALAN KEBAIKAN :::







Bismillahirrahmannirahim,

Sahabat fillah,

Begitu banyak jalan kebaikan yang Allah bentangkan bagi kita , yang semuanya membukakan karunia Nya . Yuk kita simak dibawah ini beberapa diantaranya , Semoga Allah karuniakan rahmat dan kemampuan bagi kita semua. amin.


1. Dari Abu Dzar ra, Rasulullah SAW bersabda :

Diperlihatkan kepadaku amalan-amalan umatku yang baik dan yang buruk. Maka aku mendapat dalam deretan amalan baik umatku mengilangkan gangguan dari tengah jalan. Dan aku dapati dalam kelompok amalan buruk umatku adalah ingus yang ada di mesjid tidak dipendam (HR Muslim)


2. Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda :

Barangsiapa berangkat menuju mesjid diwaktu pagi / senja, maka Allah akan mempersiapkan untuknya hidangan di surga tiap pagi / senja (HR Bukhari - Muslim )


3. Dari Abu Dzar , Rasulullah SAW bersabda :

Tiap pagi ada kewajiban bersedekah untuk tiap-tiap persendian (ruas). Maka tiap ucapan tasbih adalah sedekah, tiap ucapan tahmid adalah sedekah, tiap ucapan tahlil adalah sedekah , tiap ucapan takbir adalah sedekah, amar ma'ruf adalah sedekah dan melarang yang mungkar adalah sedekah . Dan mencukupi dari semua itu 2 rakaat yang kamu lakukan pada waktu dhuha ( HR Muslim)


4. Dari Abu Dzar, diriwayatkan ketika sekelompok orang berkata :
" Ya Rasulullah, orang-orang kaya telah memborong semua pahala, mereka shalat sebagaimana kami shalat, mereka puasa sebagaimana kami puasa dan mereka bersedekah sebagaimana kami sedekah. Maka Rasulullah saw menjawab :

"Bukankan Allah telah menjadikan untukmu sesuatu yang kamu bisa bersedekah dengannya ? Sesungguhnya setiap TASBIH adalah sedekah, setiap TAKBIR adalah sedekah, setiap TAHMID adalah sedekah, setiap TAHLIL adalah sedekah, memerintah yang ma'ruf dan mencegah yang mungkar adalah sedekah. Bahkan senggama dengan istri/suami adalah sedekah (berpahala) ((HR Muslim)


5. Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda :

Tatkala seseorang dalam perjalanan mendadak ia merasa sangat haus. Dia menemukan sebuah sumur lalu ia turun untuk minum. Kemudian ada seekor anjing yang menjulurkan lidahnya , dan memakan tanah karena hausnya. Orang tersebut kemudian turun kembali ke dalam sumur lalu memenuhi sepatunya dengan air dan menggigitnya hingga naik ke atas. Kemudian diberinya anjing itu minuman dan bersyukur kepada Allah , (atas perbuatan mulianya tersebut) maka Allah mengampuninya "

Para sahabat bertanya : Ya Rasulullah , apakah kami mendapatkan pahala dalam menolong binatang ? , maka beliau menjawab :
"Dalam (menolong) setiap makhluk hidup ada pahalanya " (HR Bukhari - Muslim)

Dalam satu riwayat milik Bukhari : " Maka Allah memuji perbuatannya , mengampuninya dan memasukkannya ke dalam surga. Seperti halnya kisah seorang pelacur yang menolong seekor anjing yang hampir mati (Bukhari - Muslim)


6. Dari Jabir ra, Rasulullah SAW bersabda :

Tidak ada seorang muslimpun yang menanam tanaman melainkan apa yang dimakan darinya adalah sedekah baginya , Bila ada manusia atau hewan atau burung yang turut memakan , melainkan baginya adalah sedekah baginya sampai hari kiamat. (HR Muslim)


7. Dari Abu Hurairah , Rasulullah bersabda :

Sungguh aku telah melihat seseorang bergelimang nikmat di dalam surga, karena ia telah memotong satu batang pohon dari tengah jalan yang tadinya mengganggu kaum muslimin ( HR Muslim)


8. Dari Abu hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda :

Maukah aku tunjukkan kepadamu hal-hal yang dengannya Allah menghapus dosa dan mengangkat derajat ?
Mereka menjawab : Tentu ya Rasulullah ,
Yakni menyempurnakan wudhu di masa -masa sulit dan banyak melangkah menuju mesjid ( HR Muslim)


9. Apabila seorang hamba itu sakit / musafir , maka ditulis baginya amal perbuatan yang biasa ia lakukan pada waktu ia mukim (tidak bepergian) dan sehat (HR Bukhari)


10. Dari Abu Hurairah, Rasulullah saw bersabda :

" Barangsiapa berangkat menuju mesjid diwaktu pagi atau senja, maka Allah Ta'ala mempersiapkan untuknya hidangan di surga tiap pagi atau senja " (HR Bukhari - Muslim)


11. Dari Abu Hurairah , Rasulullah saw bersabda tentang berbuat baik kepada tetangga :
" Wahai wanita muslimah, janganlah seorang tetangga merasa rendah (atau merendahkan tetangga yang lain ) saat memberi/diberi hadiah tetangganya, meskipun sekedar kikil kambing ( HR Bukari - Musim)


12. Apabila seorang muslim atau mukmin berwudhu , lalu ia membasuh mukanya, maka keluar dari wajahnya semua dosa yang terlihat oleh pandangan matanya bersama tetesan air. Apabila ia membasuh kedua tangannya , maka keluar semua dosa-dosa yang dikrjakan oleh kedua tangannya bersama siraman air. Dan apabila dia membasuh kedua kakinya , maka keluarlah dosa-dosa yang dikerjakan kedua kakinya bersama tetesan terakhir hingga bersih dari dosa. (HR Muslim)

Shalat 5 waktu, Jum'at ke Jum'at dan Ramadhan ke ramadhan adalah penebus dosa-dosa yang terjadi diantara semua , apabila dosa-dosa besar tidak dilakukan ( HR Muslim)


13. Sesungguhnya Allah meridhai seorang hamba apabila ia makan satu makanan dia memuji Nya dan apabila ia minum satu minuman lalu ia memujiNya (HR Mulim)


14. Tatkala ada seorang sahabat ingin pindah rumah dekat mesjid,
Rasulullah SAW berkata :

"Bani Salimah, tetaplah engkau di kampungmu, niscaya tercatat bagimu langkah-langkah kakimu. Sesunguuhnya pada setiap langkah ada peningkatan satu derajat ( HR Muslim)

Dan ketika ada sahabat yang lain lagi berkata : Ya Rasul, saya tidak suka rumah saya disamping mesjid. Sesungguhnya saya ingin perjalanan saya ke mesjid (pulang-pergi) ditulis pahala untukku. Maka Rasul menjawab : Allah telah menggabungkan semua itu untukmu ( HR Muslim). "Sesungguhnya bagimu adalah apa yang kamu cari " (dalam riwayat yg lain)


Subhanallah, Begitu besar kasih sayang Allah bagi hamba-hamba Nya... Lalu , ni'mat Allah manalagikah yang hendak kita dustakan (QS Ar Rahman) ..



Wallahu a'lam bishawab,

Sumber : Kitab Riyadhus Shalihin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar