SHALAWAT NABI



Diantara hal-hal yg mampu menciptakan kelapangan dalam dada dan menghilangkan kegundahan salah satunya adalah mengucapkan "shalawat nabi"

"Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya (QS Al Ahzab : 56)

Dalam riwayat shahih dari At Tirmidzi, Ubay ibn Ka'ab bertanya :
"Wahai Rasulullah, berapa banyak saya harus mengucapkan shalawat untukmu?" Rasulullah menjawab : sesukamu. Terserah engkaulah. Dan jika engkau tambahkan (lebih banyak lagi), maka itu akan lebih baik"

Ubay bertanya : " Apakah shalawatku untukmu seluruhnya ? " Rasullullah menjawab : " Karena itu dosamu akan diampuni dan kesedihanmu akan dihilangkan"

"Barangsiapa yg membaca shalawat untukku sekali, maka Allah akan membalas dengan sepuluh shalawat baginya" (HR Muslim)

Dari Aus Ibn Aus, Rasulullah SAW bersabda : "Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku pada malam Jumat dan hari Jumat, sebab shalawat kalian diperlihatkan kepadaku" Para sahabat bertanya : "Bagaimana shalawat itu akan diperlihatkan kepadamu, sementara jasad engkau telah hancur ya Rasullullah? "
Rasulullah menjawab : Sesungguhnya Allah mengharamkan jasad para Nabi bagi tanah (HR Abu Daud)

Orang-orang yang mencontohkannya dan mengikuti cahaya yg diturunkan kepadanya, ia akan memiliki bagian dari ketenangan jiwa, ketinggian nilai dan kehormatan dirinya.

"Tidak ada seorangpun yg mengucapkan salam kepadaku , melainkan Allah akan mengembalikan nyawaku sehingga aku bisa membalas salamnya" (HR Abu Daud)
Shalawat yang paling sempurna untuk Rasulullah SAW adalah shalawat seperti dalam shalat, yakni :

"Allahumma shalli alaa Muhammad wa'ala ali Muhammad, kamaa sholaita alaa Ibrahim wa'alaa ali Ibrahim, wabarikh alaa Muhammad wa'alaa ali Muhammad, kamaa baarakta'alaa Ibrahim wa'alaa ali Ibrahim. fil alamiinainnaka hamiidummajiid"

artinya :
"Ya Allah limpahkanlah shalawat MU atas Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau telah melimpahkannya atas Ibrahim dan keluarganya.
Ya Allah berikanlah berkah MU atas Muhammad dan keluarganya, sebagimana Engkau telah melimpahkannya atas Ibrahim dan keluarganya.
Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Terhormat"

--------------
Yaa Rabb, karuniakanlah Rahmat & Kesejahteraan bagi KekaksihMU Nabi Muhammad dan keluarga, serta Nabi Ibrahim dan keluarganya ..
Dan limpahkanlah berkah & rahmat MU pada kami umat nya , aamin yaa Rabbal alamin ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar