:: YANG PALING DEKAT DIKUMPULKAN BERSAMA RASULULLAH



Yang paling dekat dikumpulkan bersama Rasulullâh shalallahu alaihi wassallam adalah:

1. Yang paling baik akhlaqnya.

Rasulullâh shalallahu alaihi wassalam bersabda, “Orang yang paling aku cintai dan paling dekat kepadaku di antara kalian di akhirat kelak adalah orang yang paling baik akhlaknya. Orang yang paling ku benci dan paling jauh dariku di akhirat adalah orang yang paling buruk akhlaknya, yaitu orang yang banyak bicara, suka bercakap dan suka melecehkan orang lain” (HR. Ahmad).


2. Yang mencintai Rasulullâh sesudah Allâh Ta'ala melebihi segala sesuatu.

Anas bin Malik ra mengisahkan, “Ada seseorang yang bertanya kepada Nabi shalallahu alaihi wassallam tentang hari kiamat, “Kapankah kiamat datang?” Nabi pun menjawab, “Apa yang telah engkau persiapkan untuk menghadapinya?” Orang itu menjawab, “Wahai Rasulullâh, aku belum mempersiapkan shalat dan puasa yang banyak, hanya saja aku mencintai Allâh dan Rasul-Nya”
Maka Rasulullâh bersabda, “Seseorang (di hari kiamat) akan bersama orang yang dicintainya, dan engkau akan bersama yang engkau cintai.” Anas pun berkata, “Kami tidak lebih bahagia daripada mendengarkan sabda Nabi shallallâhu ‘alaihi wa sallam, ‘Engkau akan bersama orang yang engkau cintai.’”
Anas kembali berkata, “Aku mencintai Nabi saw, Abu Bakar dan Umar, maka aku berharap akan bisa bersama mereka (di hari kiamat), dengan cintaku ini kepada mereka, meskipun aku sendiri belum (bisa) beramal sebanyak amalan mereka.” (HR. Al-Bukhari no: 6171 dan at-Tirmidzi 2385).

Pada suatu hari Umar bin Khattab berkata kepada Rasulullâh saw, “Wahai Rasulullâh, sesungguhnya engkau lebih aku cintai dari segala sesuatu kecuali dari diriku sendiri.” Rasulullâh saw pun menjawab, “Tidak, demi Allâh, hingga aku lebih engkau cintai daripada dirimu sendiri.” Maka berkatalah Umar, “Demi Allâh, sekarang engkau lebih aku cintai daripada diriku sendiri!” (HR. Al-Bukhari no: 6632).

Dalam hadits lain, Rasulullâh saw bersabda, “Demi Allâh, salah seorang dari kalian tidak akan dianggap beriman hingga diriku lebih dia cintai dari pada orang tua, anaknya dan seluruh manusia.” (HR. Al-Bukhari no: 15, dan Muslim no: 69).


3. Yang paling sering ber-shalawat kepada Rasulullâh shalallahu alaihi wassalam .

"Manusia yang paling utama (dekat) di sisiku kelak pada hari kiamat adalah mereka yang paling banyak membaca shalawat kepadaku." (HR. Turmudzi dari Ibnu Mas'ud).


4. Para pengasuh anak yatim.

Dari Sahl bin Sa’ad As-Sa’idi dari Nabi shallallâhu ‘alaihi wa sallam beliau bersabda: “Aku dan orang yang mengurus anak yatim berada di surga seperti ini.” Beliau mengisyaratkan dengan kedua jarinya yaitu telunjuk dan jari tengah.” (HR. Al-Bukhari no. 6005).


5. Yang paling banyak ber-sujud (Paling istiqamah mendirikan shalat fardhu dan memperbanyak shalat sunnah).

Dari Rabiah bin Ka’ab Al-Aslami ra dia berkata:
“Saya bermalam bersama Rasulullâh shallallâhu’alaihi wa sallam, lalu aku membawakan air wudhu nya dan air untuk hajatnya. Maka beliau bersabda kepadaku, “Mintalah kepadaku.” Maka aku berkata, “Aku meminta kepadamu agar aku menjadi teman dekatmu di surga.” Nabi saw bersabda, “Bukan permintaan yang lain?”. Aku menjawab, “Bukan, itu saja.” Maka beliau menjawab, “Bantulah aku untuk mewujudkan keinginanmu itu dengan banyak melakukan sujud.” (HR. Muslim no. 489).

6. Pedagang yang jujur.

Pedagang yang jujur amanatnya kelak di hari kiamat bersama-sama para Nabi, Shiddiqin dan para Syuhada. (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Semoga Allah memberikan rahmat bagi kita semua, Aamin . Allahumma shalli alaa (sayyidina) Muhammad wa'ala ali (sayyidina) Muhammad ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar