:: YANG MEMBERATKAN DALAM MIZAN KELAK DI HARI PENGHITUNGAN .



Rasulullah shalallahu alaihi wassallam bersabda : " Sesuatu terberat yang ditimbang dalam neraca ialah "akhlak yang baik" (HR, Ahmad)

Yang memberatkan neraca adalah "akhlak yang baik", zikir , tasbih dan Al Quran Al Karim.


 

Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda : 

Akan datang surah Al Baqarah dan Ali Imran pada hari kiamat seakan-akan keduanya ialah dua gumpalan awan atau dua naungan yang antara keduanya ada sinar. Dari dua kawanan burung yang membentangkan sayapnya di udara yang akan membela pembacanya ..... (Maksudnya pahala kedua surat tersebut pada hari kiamat akan datang membela pembacanya) (HR Muslim no 804)

Ilmu yang bermanfaat bagi manusia akan diletakkan di neraca orang berilmu yang mengajarkan kebaikan kepada manusia.

Ibnu Mubarak meriwayatkan dalam kitab az Zuhd, juga dalam kitab Ad Durr Al Mantsur , dari Hammad bin Abu Sulaiman : Akan datang seorang manusia pada hari kiamat , lalu ia melihat perbuatannya ada di hadapannya. Dan pada saat ia dalam keadaan seperti itu , muncullah gumpalan awan yang kemudian jatuh pada neraca. Maka dikatakan kepadanya ; Inilah apa yang engkau ajarkan kepada manusia berupa kebaikan dan diwariskan setelah kepergianmu maka kamu pun dibalas karenanya .

Ya Allah karuniakan kami akhlak yang mulia, ilmu yang bermanfaat, hati yang semakin khusyu' dan tunduk , dan sampaikan kami pada rahmat serta ridha cinta Mu .


 اَمِيـْنْ يَـارَبَّ الْعَـالَمِيْــ



 


Wallahu a'lam bishawab
Ensiklopedi Hari Kiamat 2,
Syaikh Mahir Ahmad Ash-Shufi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar