MERAUP PAHALA KETIKA SAKIT

Indahnya menjadi Muslim, sakitnya adalah sebagai penggugur dosa dan merubah diri melesat menjadi lebih baik ...


BANYAK sekali orang yang merasa kesal dan jengkel (annoyed, irritated) karena sakitnya yang tiada kunjung sembuh. Segala jenis pengobatan telah dilakukan, mulai dari pengobatan medis, pengobatan tradisional (terapi) bahkan hingga ada yang datang ke dukun (orang bisa) yang dianggap sholeh/suci hingga bisa menyembuhkan. Tak jarang orang mengeluarkan puluhan juta demi kesembuhan atas penyakit yang dideritanya, sejauh apapun tempatnya dan semahal apapun pengobatannya tidak menjadi suatu masalah asal sembuh dari sakitnya.


Sadarkah anda, bahwa ternyata didunia ini kesehatan adalah sesuatu yang sangat mahal?


Maukah kaki anda ditukar dengan 1 milyar? Atau mata anda yang terkadang dikeluhkan karena sudah minus besar, ditukar dengan 1 milyar?


Terkadang kita tidak menyadari bahwa sehat adalah sesuatu rezeki yang الله berikan kepada kita, agar kita bisa bersyukur dan memanfaatkannya untuk bisa melakukan hal-hal yang positif.


Sahabat, akankah kita menyadari bahwa, sakit yang الله berikan adalah salah satu bentuk kasih sayang الله, yang الله berikan kepada kita?


Ada orang yang diberikan sakit selama bertahun-tahun, hingga pada akhirnya orang tersebut meninggal. Mungkin kita berfikir, mengapa الله tidak menyembuhkan orang tersebut? Padahal apalah sulitnya bagi الله سبحانا وتعاﱃ untuk menyembuhkan seseorang dari sakitnya.


Dari Ummul ‘Alaa’ رضي الله عنه , ia berkata : Rasulullah صلی ﷲ علیﻪ و سلم pernah menjengukku pada waktu aku sedang sakit. Beliau bersabda, “Bergembiralah wahai Ummul ‘Alaa’, karena sakitnya orang muslim itu dengannya الله menghilangkan kesalahan-kesalahannya sebagaiman api menghilangkan kotoran-kotoran perak.” (HR. Abu Dawud)

Sahabat, bisa saja الله berlaku demikian, namun kita tidak mengetahui apa maksud didalamnya. Bisa saja الله memberikan sakit kepada seseorang agar terhapus dosa-dosanya di dunia, sehingga ketika ajal datang dia sudah bersih dari dosa. Sakitnya seseorang jika disikapi dengan sabar, tanpa keluh kesah maka setiap sakitnya adalah ampunan baginya. Betapa الله sangat menyayangi kita sebagai hambaNya, sehingga sakitpun adalah penghapus bagi dosa-dosa yang kita lakukan.


Ketika sakit, dan kita sabar menghadapi sakit yang diderita, dan berlapang dada menerimanya, maka sungguh الله meninggikan derajatnya. Karena kesabaran dan keikhlasan menerima sakit yang diderita, bayangkan, jika sudah sakit kemudian mencaci, kesal dan penuh amarah, maka sudah sakit tak mendapatkan apa-apa pula.


Dari ‘Aisyah radhiallahu anaha ia berkata : Saya mendengar Rasulullah صلی ﷲ علیﻪ و سلم bersabda, “Tidaklah suatu penyakit mengenai orang mukmin kecuali dengannya الله menghapus kulesalahannya, mencatat kebaikan untuknya, dan mengangkat derajatnya.” (HR. Ibnu Abid Dunya, Thabrani lafadh itu baginya dan Hakim, ia berkata : Shahih sanadnya)


Sahabat, memang terkadang kita harus diberikan rasa sakit terlebih dahulu agar kita bisa menyadari akan nikmat yang telah الله berikan kepada kita. Ketika kita diuji dengan sakit gigi, baru kita sadar akan nikmatnya memiliki sebuah gigi, bayangkan jika kita mengalami sakit gigi pada keseluruhan gigi yang kita miliki, apa yang bisa kita lakukan? Satu saja sudah membuat kita kerepotan (stir, bustle, very busy), apalagi jika yang sakit semua gigi.


“Dan apa saja musibah yang menimpa kamu Maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan الله memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu) ”. (As-syuaara, 42 : 30)

Namun secara sadar ataupun tidak sadar, kita sendiri yang memberikan saham badan kita menjadi sakit. Sakit menyadarkan diri akan nikmat yang telah الله berikan. Ketika sakit datang pula, bibir ini terucap istigfar, karena menyadari bahwa terlalu banyak dosa yang telah dilakukan dibanding kebaikan yang telah dilakukan, hingga timbul rasa takut maut akan menjemput, mulailah diri mengintropeksi kesalahan-kesalahan yang telah diperbuat. Dengan sakit membuat diri berintropeksi dengan kesalahan yang telah diperbuat.


Sakit tak menghalangi kita untuk beribadah, الله memberikan rukhsah (keringanan) kepada orang yang sakit, seperti ketika shalat, berhaji dsb. Tapi semua ibadah itu tetap bisa dilakukan, namun ada yang istimewa ketika sakit. Yaitu buah dari kesabaran dalam menjalani rasa sakit yaitu pahala yang sangat besar yang menanti. Namun, tentu saja kita harus berusaha untuk sembuh, dengan berobat mengkonsumsi makanan yang sehat dan lain sebagainya. Jika sudah berusaha untuk mengobati sakit yang diderita namun belum sembuh juga, maka setiap sakit yang dirasakan itu adalah penggugur dosa, dan ditengah sakit itu tetap melakukan ibadah-ibadah, ibadah tersenyum, ibadah kesabaran, ibadah mensyukuri nikmat dan lain sebagainya.


Dari Jabir bin Abdullah رضي الله عنه , bahwasanya ia mendengar Rasulullah صلی ﷲ علیﻪ و سلم bersabda, “Tidaklah sakit orang mukmin maupun mukminah, muslim maupun muslimah, kecuali dengannya الله menghapus kesalahan-kesalahannya”. Dan dalam satu riwayat, “Kecuali الله menghapus kesalahan-kesalahan darinya.” (HR. Ahmad, Al-Bazzar dan Abu Ya’la)

Maka ketika sakit datang pada diri kita, bersabar dan berpositif thinking, serta jadikan ini sebagai ladang untuk beribadah agar dapat meraut pahala ketika sakit. Wallahu a’lam bishawab.





Shared By Bicara Hidayah

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

“Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersalawat (memuji dan berdoa) ke atas Nabi. Wahai orang-orang yang beriman bersalawatlah kamu ke atasnya serta ucapkanlah salam dengan penghormatan. “ [Al-Ahzab: 56]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar