:: MAKNA DOA KESEMPURNAAN CAHAYA



بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم
 

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ تُوبُوٓا۟ إِلَى ٱللَّهِ تَوْبَةً نَّصُوحًا عَسَىٰ رَبُّكُمْ أَن يُكَفِّرَ عَنكُمْ سَيِّـَٔاتِكُمْ وَيُدْخِلَكُمْ جَنَّٰتٍ تَجْرِى مِن تَحْتِهَا ٱلْأَنْهَٰرُ يَوْمَ لَا يُخْزِى ٱللَّهُ ٱلنَّبِىَّ وَٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ مَعَهُۥ ۖ نُورُهُمْ يَسْعَىٰ بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَبِأَيْمَٰنِهِمْ يَقُولُونَ رَبَّنَآ أَتْمِمْ لَنَا نُورَنَا وَٱغْفِرْ لَنَآ ۖ إِنَّكَ عَلَىٰ كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ

"Ya Tuhan kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah dosa-dosa kami. Sungguh Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu." (Al-Tahrîm: 8).

Keterangan : 

Kelak pada hari pertanggungjawaban , ketika berjalan di titian, setiap muslim akan berjalan sesuai dengan cahaya nya masing-masing (keimanan masing-masing), ada yang terang dan mudah, ada yang tertatih jatuh kemudian bangun (ini adalah gol munafik) yang tertinggal dan ada yang tak mampu menyelamatkan diri. (lihat artikel Kehidupan Setelah Kematian)


 

Dalam Al Quran Allah Ta'ala berfirman : 

" Pada hari engkau melihat orang-orang mukmin laki laki dan perempuan cahaya mereka bersinar dihadapan mereka dan dikanan mereka (dikatakan kepada mereka ) kabar gembira bagimu hari ini surga yang mengalir dibawahnya sungai sungai, kekal didalamnya. Demikianlah kemenangan yang besar"

"Pada hari orang orang munafik laki laki dan perempuan berkata kepada orang-orang yang beriman "tunggulah kami supaya kami dapat mengambil cahayamu" . Dikatakan.kepada mereka "kembalilah kamu ke belakang, maka carilah olehmu cahaya itu". .Maka dijadikanlah diantara mereka dinding yang mempunyai pintu. Disebelah dalamnya ada rahmat dan diluarnya terdapat azab".

"Mereka orang orang munafik menyeru kepada orang orang mukmin "bukankah kami dahulu bersama-sama denganmu? " Orang orang mukmin berkata : Benar. Tetapi engkau mencelakakan dirimu dan menunggu nunggu (kehancuran kami) dan kamu ragu-ragu serta ditipu oleh angan angan (dunia) sehingga datang ketetapan Allah dan kamu ditipu oleh penipu terhadap Allah
Maka pada hari ini tiada diterima tebusan dari kamu dan tiada pula dari orang orang kafir. Tempat kamu adalah dineraka. Ia adalah tempat berlindungmu dan itulah seburuk buruk tempat kembali". (QS Al Hadiid : 12-15)

Wallahu a'lam bishawab
****************

Ya Allah, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah dosa-dosa kami. Selamatkan kami dan sampaikanlah kami pada rahmat dan surga Mu, Sungguh Engkau Maha berkuasa atas segala sesuatu wahai Dzat yang Maha Pengasih. Aamiin ya Robbal alamin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar