:: BERAKHLAK DENGAN AKHLAK DARI ASMA ALLAH



Bismillahirrahmannirahim,
Secara sempurna sifat-sifat Allah terkumpul dalam keseluruhan nama-nama yang disebut al-Asma al-Husna (nama-nama baik) sebanyak 99. Kalau kita uraikan semua al-Asma Al-Husna

berarti Allah mempunyai seluruh kelayakan. Maka hayatilah Allah dengan seluruh kelayakan-NYA itu dan rasakannya di dalam hati ..


Firman Allah dalam surah al-A'raaf, ayat 180, yang bermaksud:

“ Dan Allah mempunyai nama-nama baik (yang mulia) maka bermohonlah kepada-NYA dengan menyebut nama-nama itu , dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dalam (menyebut) nama-nama Nya. ”


Nabi sallallahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda:

" Berakhlaklah engkau dengan akhlak Allah, yaitu sifat yang mahmudah saja. Adapun sifat seperti kibriyaa (takabur) atau azamah (kemegahan) yang khusus bagi-NYA amatlah dilarang dan dimurkai-NYA,

sebagaimana sabda Nabi sallallahu ‘alaihi wasallam :

“ Sifat kibriyaa adalah pakaian-Ku dan sifat azamah adalah selendang-Ku. Siapa yang coba merebut kedua-dua sifat tersebut daripada-Ku akan Aku lemparkan ke dalam neraka-Ku.”


Dan jika kita mengalami kesulitan untuk menghayati keseluruhan sifat Allah, maka pilih lah sifat Allah yaitu sifat Penyabar, Pemaaf, Lembut, penuh Rahmat , Pengasih dan Penyayang


“ Katakanlah (wahai Muhammad), Wahai hamba-hamba-Ku yang telah melampaui batas terhadap diri mereka sendiri (dengan perbuatan-perbuatan maksiat), janganlah kamu berputus asa daripada rahmat Allah, karena sesungguhnya Allah mengampunkan segala dosa; sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun, lagi Maha Mengasihi.” (QS Az Zumar : 53)


Begitu sabarnya Allah memanggil para pendosa dengan panggilan yang sangat mesra : "Ya ibadi," - wahai hamba-hamba-Ku, Allah masih berkenan memanggil orang-orang yang berbuat dosa .. Salah satu nama Allah al-Shabur – Yang Paling Sabar meskipun ditentang dan dimaksiati .., Allah tetap memanggil dengan panggilan "ya ibadi" – wahai hamba-hamba-Ku.


Hadis riwayat Aisyah ra. istri Nabi sallallahu ‘alaihi wasallam :

" Rasulullah saw. bersabda: Wahai Aisyah , Sesungguhnya Allah itu Maha Lembut yang menyukai kelembutan. Allah akan memberikan kepada orang yang bersikap lembut sesuatu yang tidak diberikan kepada orang yang bersikap keras dan kepada yang lainnya

“ Orang-orang yang menunjukkan cinta kasih kepada sesamanya itu akan dicintai oleh DIA Yang Maha Kasih. Cintailah mereka yang di bumi, maka Allah dan penghuni yang langit pun akan mencintaimu .. ” (Riwayat Tirmizi)


Subhanallah , Maha Suci Engkau Yaa Allah ... dan segala Puji bagi Mu ...




Wallahu a'lam bishawab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar