:: MEREKA YANG MENDAPAT NIKMAT MASUK SURGA TANPA HISAB


Mereka yang akan masuk surga tanpa hisab memiliki amal yang beragam dan tingkatan yang berbeda-beda...
Tapi, semuanya adalah orang-orang mukmin yang beramal dengan benar dan setiap mereka tergantung pada kemudahan yang Allah berikan kepadanya selama di dunia untuk beramal, mengikhlaskan niat padanya , demi mencari ridha Allah semata.

Siapa sajakah mereka :

1. Orang -orang yang bertawakal kepada Allah

Telah diperlihatkan kepadaku berbagai umat dari seluruh manusia. Ada seorang nabi lewat bersama satu umat, kemudian ada seorang nabi yang lewat bersama beberapa orang, lalu ada nabi yang lewat bersama sepuluh orang, dan ada nabi yang lewat bersama lima orang, dan ada yang lewat seorang diri. Setelah itu , aku melihat sekelompok orang yang banyak , wahai Jibril apakah itu umatku ? Bukan , lihatlah ke ufuk sebelah sana : dan ternyata aku melihat sekelompok manusia yang lebih banyak lagi. Jibril berkata ; mereka adalah umatmu. Jumlah mereka 70.000 orang , di antara mereka yang pertama kali akan masuk surga tanpa hisab dan tanpa azab. Nabi shalallahu alaihi wasallam bertanya : mengapa demikian. Sebab mereka dahulu tidak berobat dengan kay (besi yang panas) tidak minta diruqyah dan tidak tathayyur (menentukan nasib dengan burung) dan hanya bertawakal kepada Allah (shahih Bukhari)

Abu Bakar ash Shiddiq meriwayatkan bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda : " Aku diberi 70.000 orang yang akan masuk surga tanpa hisab, wajah mereka layaknya rembulan di malam purnama , hati mereka sama seperti hati satu orang. Lalu aku pun meminta tambahan lebih banyak dari itu. Hingga Allah memberikan tambahan yaitu setiap satu orang akan menambah (memberi syafaat) 70.000 orang lainnya.

Dari Utbah bin Abn As Sulami Rasulullah bersabda :
"Sungguh Rabb ku berjanji kepadaku kalau Dia akan memasukkan 70.000 orang dari umatku ke dalam surga tanpa hisab. Kemudian setiap seribu dari mereka akan memberikan syafaat kepada 70.000 lainnya. Setelah itu Rabb ku akan menciduk 3 kali cidukan . Umar bertakbir dan berkata : sungguh 70 orang pertama akan Allah ijinkan memberi syafaat kepada orangtua , anak-anak dan keluarganya. Dan aku berharap agar Allah menjadikanku sebagai salah seorang dari mereka (HR. Ath Tabrani)

2. Orang orang yang selalu melaksanakan shalat malam

Dari Asma bin Yazid , Rasulullah shalalahu alaihi wasallam bersabda : Manusia akan dikumpulkan di sebuah padang, lalu tiba tiba ada suara menyeru : dimanakah orang orang yang lambungnya jauh dari pembaringannya ? Mereka pun bangkit dan jumlah mereka adalah sedikit. Lalu masuk ke dalam surga tanpa hisab. Setelah itu baru kemudian diperintahkan manusia untuk dihisab (HR.. Al Baihaqi)

3. Orang orang yang membaca Al Qur'an hanya untuk mengharap ridha Allah. Dan seorang hamba yang memperbagus hubungan dirinya dengan Rabb nya.

Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda :
"Ada 3 golongan yang tidak akan merasa ngeri terhadap guncangan yang dahsyat pada hari kiamat, dan mereka tidak akan mendapat hisab serta mereka berada di bukit pasir yang wangi semerbak kesturi sampai proses makhluk selesai. Yaitu
 - orang yang membaca al Quran hanya mengharap ridha Allah
- orang yang memperbagus hubungan dirinya dengan Rabb nya
- orang yang membagus hubungan dirinya dengan bawahannya ( Ath Thabrani , dengan sanad hasan)

4. Ulama yang mengamalkan ilmunya

Pada hari kiamat Allah berfirman pada ulama yang mengamalkan ilmunya : Sungguh Aku tidaklah menjadikan ilmu Ku dan hukum Ku ada pada diri kalian melainkan karena Aku ingin mengampuni kalian atas semua perbuatan kalian yang telah lalu (Ath Thabrani dalam al Kabir)

5. Para syuhada' dan orang orang yang suka memaafkan orang lain

Ath Tabrani meriwayatkan dengan sanad hasan : Apabila seluruh hamba telah berdiri menantikan hisab masing-masing, datanglah satu kaum sambil meletakkan pedang pada leher mereka yang berlumuran darah. Mereka pun berdesakan memenuhi pintu surga : lalu ada yang bertanya ; siapa mereka itu ? Kemudian ada menjawab mereka adalah para syuhada yang dahulu gugur mereka hidup di sisi Rabb dengan curahan rezeki. Kemudian ada suara memanggil : orang yang pahalanya ada pada Allah hendaknya ia berdiri dan masuk ke dalam surga !" Lalu Rabb menyeru untuk kedua kalinya : "Orang yang pahalanya ada pada Allah hendaknya ia berdiri dan masuk ke dalam surga !" Lantas ada yang bertanya siapa mereka ? Nabi bersabda : Mereka lah orang-orang yang suka memaafkan orang lain. Kemudian Allah memanggil untuk ketiga kalinya
"Orang yang pahalanya ada pada Allah hendaknya ia berdiri dan masuk ke dalam surga !"
Lalu berdirilah beberapa ribu orang lantas mereka masuk ke dalam surga tanpa hisab

6. Orang-orang yang selalu memuji Allah dalam keadaan lapang dan susah serta orang yang tidak terlalaikan dengan jual beli dari mengingat Allah

Imam al Baihaqi meriwayatkan dalam kitab Asy Syu'ab , juga diriwayatkan -bnu Murdawaih . Ibnu Abi Hatim, Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda :
" Pada hari kiamat, Allah akan mengumpulkan seluruh makhluk di sebuah padang, yang jika ada siapa saja yang menyeru akan terdengar dan dapat terlihat dengan mata seluruhnya. Maka berdirilah penyeru yang memanggil : Di manakah orang orang yang senantiasa memuji Allah, baik dalam kondisi susah maupun senang ? Maka berdirilah mereka namun jumlah mereka sangatlah sedikit. Lalu mereka masuk surga tanpa hisab.
Kemudian penyeru itu kembali memanggil : di manakah orang orang yang lambungnya jauh dari pembaringannya ? Lalu mereka bangkit dan jumlah mereka hanya sedikit.
Lalu penyeru tersebut kembali memanggil : di manakah orang orang yang tidak terlalaikan dengan jual beli dan berdagang dari mengingat Allah ? Maka mereka pun bangkit dan jumlah mereka hanya sedikit. Lantas mereka pun masuk surga tanpa hisab

Subhanallah, Allahu Akbar,,

Ya Allah , Pertemukan kami dengan mereka , dan masukkanlah kami ke dalam golongan mereka , wahai Rabb yang Maha Pengasih lagi Maha Pemberi Rahmat ..

 اَمِيـْنْ يَـارَبَّ الْعَـالَمِيْــ


Wallahu a'lam bishawab
Syaikh Mahir Ahmad ash Shufi
Ensiklopedia hari kiamat 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar